SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Tuesday, September 05, 2017

CONTOH LAPORAN KARYA INOVATIF




Bapak/Ibu yang terhormat,

Dalam melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) unsur Karya Inovatif kita dapat melakukan berbagai hal. Karya inovatif yang kita lakukan antara lain adalah dengan membuat alat pembelajaran, membuat teknologi tepat guna dan membuat karya seni. Karya-karya tersebut harus dibuat laporannya sesuai dengan ketentuan yang rinci dalam buku 4 tentang Pedoman PKB dan angka kreditnya. kita harus membaca dengan teliti buku tersebut dan membuat laporannya.

Seberapapun karya yang kita buat tanpa diadministrasikan dan dibuat laporannya tidak akan memperoleh angka kredit. Karya-karya kita dalam upaya mendukung pembelajaran akan diakui sebagai karya inovatif yang memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat adalah karya yang telah didokumentasikan dan dibuat laporannya.

Kriteria laporan karya inovatif yang baik adalah laporan yang memuat sistematika yang benar. Laporan tersebut idealnya terdiri dari 4 bab. Bab-bab tersebut antara lain terdiri dari

BAB I PENDAHULUAN, yang terdiri dari Latar Belakang, Rumusan  Masalah, Tujuan pembuatan inovasi pembelajaran, dan  Manfaat bagi pembacanya. 

BAB II LANDASAN TEORI terdiri dari,  Landasan Teori karya inovasi kita, dan Kerangka Berpikir.  Landasan teori adalah rujukan dari teori atau penelitian terdahulu yang mendukung terciptanya sebuah karya inovatif yang dihasilkan oleh guru.

BAB III KARYA INOVASI PEMBELAJARAN. penjelasan tersebut berisi Ide Dasar, Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran, Proses Penemuan, Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran, Data Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran, Analisis Hasil Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran, dan Diseminasi. Sedangkan 

BAB IV  PENUTUP yang terdiri dari Simpulan dan Saran.  

DAFTAR PUSTAKA , Daftar pustaka berisi tentang kajian yang dirujuk dalam pembuatan karya inovasi pembelajaran. Hal yang perlu diperhatikan adalah sitasi (kesesuaian antara rujukan di Bab II dengan daftar pustaka). Kadang para penulis tidak teliti, ada kajian yang dirujuk di bab II namun tidak ada di daftar pustaka, tau sebaliknya.

LAMPIRAN-LAMPIRAN.  lampiran dalam membuat karya inovatif terdiri dari RPP, Lembar kerja siswa tentang pemanfaatan media, dan penilaian berkaitan materi pada pemanfaatan media yang telah dibuat oleh guru. 





Blog ini menyediakan contoh-contoh laporan karya inovatif sebagai referensi.

Untuk dapat mengakses laporan karya inovatif dapat anda klik disini

Terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.

3 comments:

PENGUNJUNG